Revolution Command

Revolution Command
Tips Trik Seputar Dunia Teknologi Informasi, Cari Uang Lewat Whaff, Aplikasi, Software, dll semuanya ada disini.. WARNING : Blog ini masih dalam tahap pengembangan.

Java Basic - Arraylist

Pada Kesempatan ini , saya akan berbagi mengenai Konsep ArrayList di Java,

ArrayList adalah sebuah Kelas yang dapat melakukan penyimpanan data berupa list objek berbentuk array yang ukurannya dapat berubah secara dinamis sesuai dengan jumlah data yang dimasukan.

Perbedaan mendasar dari Array dan ArrayList adalah :


  • untuk menyimpan data dalam array biasa, maka harus mendeklarasikan jumlah element makimal yang bisa menampung. dengan kata lain jika jumlah datanya flekibel, maka array tidak bisa digunakan.
  • ArrayList dapat menampung sejumlah data secara dinamis, sehingga seberapapun jumlah nya akan di tampung oleh ArrayList tanpa memperhatikan berapa jumlah maksial elemen yang dapat ditampung.

  • ArrayList digunakan dalam menyimpan data dalam bentuk objek, sehingga untuk menyimpan data didalam ArrayList maka, buatlah sebuah kelas yang kemudian dijadikan objek yang dapat menyimpan data. ArrayList terdapat pada kelas java.util, sehingga untuk menggunakan ArrayList, maka harus melakukan import java.util.

Lihatlah gambar diatas, gambar diatas menunjukkan bahwa size atau ukuran banyaknya data yang ditampung adalah 5 karena data yang diinputkan ada 5 data, jika ditambahkan data lagi, maka size ArrayList akan berubah secara dinamis sesuai jumlah data.
ArrayList dapat menyimpan sekumpulan data yang disimpan dalam satu-kesatuan. Misalkan: menyimpan data mahasiswa berupa NIM, Nama, dan Alamat, maka data tersebut akan disimpan dalam satu-kesatuan array biarpun data tersebut memiliki tipe data berbeda. Berarti ArrayList tersebut menyimpan 3 data variabel yang berbeda dalam satu elemen array.

Post a Comment